Kamis, 18 Oktober 2012

Debit Air PDAM Turun 50%


TELUKBETUNG SELATAN (Lampost): Debit air di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau Bandar Lampung turun 50% setiap detiknya. PDAM Way Rilau memiliki pasokan air normal sebanyak 560 liter/detik. Namun, kini turun menjadi 280 liter/detik.

Kabag Hukum dan Humas PDAM Way Rilau Rozi Amri mengatakan walaupun saat ini sudah beberapa kali turun hujan, pasokan air di PDAM Way Rilau tetap saja berkurang. "Debit air turun hampir 50%, sekitar 280 liter/detik dari pasokan normal debit air sebanyak 560 liter/detik," kata Rozi ketika ditemui Lampung Post, Rabu (17-10).
Rozi menjelaskan sumber air yang didapatkan pihak PDAM Way Rilau dari air permukaan pada kondisi normal sebanyak 450 liter/detik. Lalu, sumber air dari sumur dalam sebanyak 20 liter/detik dan sisanya dari mata air sebanyak 90 liter/detik, sehingga total pasokan air dalam kondisi normal sebanyak 560 liter/detik.
"Kalau beberapa bulan kemarin turun sekitar 40%, tapi sekarang sudah 50%. Walaupun sudah beberapa kali hujan, tambahan dari air hujan itu tidak signifikan untuk pasokan bagi semua sumber air," kata dia.

Suplai ke Warga
Rozi menambahkan bagi warga Bandar Lampung yang masih kekurangan air bersih di daerahnya masing-masing dapat mengusulkannya ke PDAM Way Rilau melalui ketua RT setempat. Selanjutnya, petugas PDAM akan mendatangi lokasi warga yang membutuhkan air tersebut.
"Kami akan kirim tangki air sebanyak 4 kubik. Jumlah air ini untuk 7—8 pelanggan kami dan bisa juga untuk warga yang benar-benar membutuhkan air," ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut Rozi, pihaknya sudah mengirimkan sejumlah tangki yang masing-masing berisi 4 kubik air ke warga di Kelurahan Srengsem, Garuntang, Kaliawi, Segalamider, Way Kandis, Gedongmeneng, dan lainnya.
Pihaknya juga mengimbau agar warga berhemat atau melakukan efisiensi dalam penggunaan air, terutama air bersih. Sebelumnya, Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. menginstruksikan PDAM Way Rilau untuk memberikan air bersih secara cuma-cuma kepada warga yang benar-benar membutuhkan air bersih.
Wali Kota meminta PDAM Way Rilau memasok air bersih sekitar 20 tangki per hari kepada warga. Petugas PDAM Way Rilau harus keliling untuk mencari sejumlah daerah yang kekurangan air, terutama air bersih. Kemudian langsung menyuplai air bersih ke sejumlah warga yang benar-benar membutuhkan.

Selain itu, PDAM Way Rilau diharapkan bisa bekerja sama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung dalam hal pemberian bantuan air bersih ini. (MG5/K-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar